Menu Melayang

Jumat, 23 Juni 2023

Umat Kepunyaan-Nya

Umat Kepunyaan-Nya

(Pembacaan Alkitab: Titus 2:11-15)

Memiliki dan dimiliki adalah kebutuhan dasar hidup manusia; sebagai manusia kita perlu memiliki suami, istri, anak, pendidikan, rumah dan lain sebagainya. Di lain pihak, kita juga perlu dimiliki; kita perlu menjadi anggota keluarga yang dikasihi. Nah, sebagai orang percaya, kita juga perlu menjadi anggota gereja, bagian dari gereja, bagian dari komunitas dan lingkungan orang percaya, sebab ketika kita memiliki dan dimiliki itulah kita hidup dalam keseimbangan.

Kristus adalah milik kita yang luar biasa; kita patut bangga memiliki Yesus sebab memiliki Dia berarti memiliki segala-galanya. Di lain pihak, kita yang percaya juga dimiliki oleh Kristus, dan dimiliki Dia yang empunya kuasa di sorga maupun di bumi berarti kita tidak perlu takut menghadapi apa pun.

Nah, apa ciri umat kepunyaan Allah?

  1. Diselamatkan karena kasih karunia Allah oleh iman (ayat 11). Kita diselamatkan bukan karena amal ibadah kita, bukan karena perbuatan baik kita, melainkan karena kasih karunia Allah oleh iman, di mana Dia yang berkorban demi meyelamatkan kita.
  2. Dididik untuk meninggalkan kefasikan (ayat 12) sehingga semakin hari semakin serupa dengan Kristus.
  3. Hidup bijaksana, adil dan beribadah (ayat 12) karena kita mengerti kehendak Allah dan menjalankan tanggung jawab kita dengan segala keadilan, sebagai ungkapan nyata ibadah kita kepada-Nya.
  4. Senantiasa menantikan kemuliaan Allah (ayat 13) sehingga kita hidup dalam damai sejahtera di tengah-tengah situasi kondisi apa pun.
  5. Senantiasa memberitakan kasih, kemurahan dan kuasa Tuhan (ayat 15) sebagaimana layaknya orang percaya, baik lewat perkataan, perbuatan, bahkan hidup kita.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, Allah bukan saja ingin memberkati kita, tapi juga ingin lebih dekat dengan kita, menguduskan kita sebagai umat kepunyaan-Nya sendiri, agar lewat hidup kita orang lain dapat mengalami serta menerima kasih karunia-Nya yang nyata. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel