Menu Melayang

Kamis, 22 Juni 2023

Ajaran Yang Sehat

 Ajaran Yang Sehat

(Pembacaan Alkitab: Titus 2:1-10)

Tubuh manusia membutuhkan makanan dan minuman yang sehat, udara yang sehat dan segar; jiwa dan roh kita pun membutuhkan santapan rohani yang sehat, hubungan pribadi yang sehat dengan Tuhan, gereja dan komunitas di mana rohani kita bisa bertumbuh sehat karena ajaran-ajaran yang sehat. Ketika kita tidak mendapatkan ajaran-ajaran yang sehat, iman kita mudah goyah; demikianlah banyak orang yang bertahun-tahun rajin ke gereja tapi imannya mudah goyah karena tidak mendapatkan ajaran-ajaran yang sehat; hanya ajaran yang sehat dan murni itulah yang akan menjadikan rohani kita bertumbuh sehat dan kuat di dalam Tuhan.

Dalam bacan Kitab Suci hari ini, kita melihat bahwa ajaran yang sehat itu membangun hidup seseorang, keluarga dan pelayanannya serta jemaatnya, sehingga tidak mudah dipengaruhi atau diserang. Nah, apa saja yang disebut ajaran yang sehat?

  1. Ajaran yang menuntut pengorbanan. Tanpa pengorbanan, kita takkan melihat janji-janji Tuhan digenapi; kita harus berani berkorban, menyalibkan daging dan hawa nafsu kita, agar dapat hidup dalam pimpinan Roh Kudus dan melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan.
  2. Ajaran yang tertuju hanya kepada Yesus; Dialah Juruselamat, Mesias dan sumber kepastian hidup kita. Ketika pandangan kita tertuju kepada Yesus, di situ kita akan melihat pertolongan kuasa-Nya.
  3. Ajaran yang menantang kita untuk meninggalkan dosa. Hari-hari ini banyak ajaran yang hanya berbicara tentang berkat dan segala kelimpahan tanpa menantang manusia untuk meninggalkan dosa, sehingga orang menganggap dirinya akan tetap diberkati meskipun hidup dalam dosa.
  4. Ajaran yang menjadikan kita semakin hari semakin rohani, semakin dekat dengan Tuhan, dan semakin serupa dengan Kristus.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, janganlah kita terpengaruh dengan ajaran-ajaran yang menyesatkan agar kita tidak mudah diombang-ambingkan; hendaklah pandangan kita tetap tertuju kepada Tuhan, sehingga semakin hari kita semakin melihat kemuliaan-Nya dinyatakan dalam hidup kita. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel