Menu Melayang

Senin, 17 Juli 2023

Jaminan

 Jaminan

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 7:18-28)

Tahukah Saudara bahwa perjanjian Allah dengan manusia adalah jaminan yang kekal? Allah bukan sekadar berjanji dan memberikan pengharapan tanpa kepastian. Dunia ini penuh dengan orang-orang yang kecewa, karena manusia sering berjanji tanpa menggenapinya. Tapi ketika Allah yang berjanji, la akan menepati janji-Nya karena la memberikan jaminan bahwa la akan selalu menyediakan yang terbaik bagi kita.

Dari bacaan Kitab Suci hari ini jelas dibedakan antara Yesus dengan imam besar. Imam besar setahun sekali membawa darah anak domba dan harus membereskan dosanya sendiri; Yesus mempersembahkan diri-Nya satu kali untuk selama-lamanya tanpa perlu membereskan dosa-Nya karena la memang tak bercacat; la tanggung dan la selesaikan dosa seluruh umat manusia di kayu salib satu kali untuk selamalamanya. Demikianlah karya Yesus di kayu salib adalah jaminan bagi kita yang percaya:

  1. Bahwa dosa kita sudah diampuni. Yang menjadikan manusia sengsara dan tertekan adalah dosa; ketika kita bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan, dan kita bereskan semua dosa kita di hadapan Tuhan, maka kita memperoleh jaminan kepastian keselamatan bagi hidup kita.
  2. Bahwa kita diangkat menjadi anak Allah. Bukan saja dosa kita diampuni, melainkan juga kita dilayakkan menjadi anak Allah. Alkitab mengatakan, "Semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah." Dan kalau kita anak berarti kita memanggil Dia Bapa. Berarti la bertanggung jawab atas hidup kita dan melakukan perkara-perkara besar bagi hidup kita.
  3. Bahwa kita dipenuhi oleh Roh Kudus. Sebagai anak, Bapa tahu persis bahwa tantangan dan pergumulan hidup kita berat sehingga ketika Yesus naik ke sorga, la tidak meninggalkan kita sebagai yatim piatu; la mengatakan, "Aku akan minta kepada Bapa, dan la akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya la menyertai kamu selama-lamanya...la akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."
  4. Bahwa kita akan memerintah bersama Dia sampai selama-lamanya. Karena sebagai anak, la menyatukan kita dengan kuasa-Nya.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, sebagai orang percaya, kita tidak perlu ragu lagi karena kita tahu bahwa Yesus Kristus adalah jaminan kita untuk masuk ke dalam rencana dan kepastian hidup yang berkemenangan di dalam Tuhan. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel