Menu Melayang

Selasa, 18 Juli 2023

Pengantara

 Pengantara

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 8:1-6)

Ketika saya masih kecil, saya sempat bertanya kepada guru saya karena ada satu kata yang saya tidak mengerti, yaitu kata "perantara," karena di depan rumah saya, ada rumah yang mau dijual dengan tulisan "dijual tanpa perantara." Lalu guru saya tersenyum dan berkata, "Oh, itu artinya calo; orang yang mencari keuntungan." Ada lagi perantara yang lain: ketika sepasang suami istri bermasalah dan tidak sanggup menyelesaikan masalah mereka sendiri, perlu dicarikan orang ketiga yaitu hamba Tuhan untuk menjadi perantara dalam mendamaikan mereka serta menyelesaikan masalah rumahtangga mereka. Demikianlah di satu sisi perantara bisa merugikan, tapi di sisi lain perantara bisa sangat menguntungkan. Nah, Yesus Kristus adalah perantara kita yang percaya; dan sebagai Pengantara, la tidak pernah merugikan kita melainkan selalu menolong kita untuk mencapai potensi maksimal.

Bagaimana Allah yang kudus dapat dihampiri oleh manusia yang berdosa? Tidak ada jalan lain kecuali lewat salib; ketika Yesus Kristus disalibkan, itu sama saja dengan tangan kanan-Nya memegang tangan Allah dan tangan kiri-Nya memegang tangan manusia, untuk mendamaikan manusia dengan Allah. Demikianlah Yesus menjadi Pengantara kita:

  1. Agar kita dapat dengan berani menghadap Allah. Allah adalah kudus sedangkan manusia adalah berdosa; Yesus Kristus menjadi Pengantara manusia dengan Bapa.
  2. Agar doa-doa kita dijawab. Yesus mengatakan, "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."
  3. Agar janji-janji Allah digenapi dalam hidup kita. Karena darah Yesus Kristus telah tertumpah, kita punya kepastian untuk merebut janji-janji Allah itu.
  4. Agar kita dapat masuk ke dalam kemuliaan Allah. Inti hidup Kristiani bukanlah sekadar beragama melainkan masuk ke dalam kemuliaan Allah, dan merasakan pembelaan serta kuasa-Nya yang selalu terbukti bagi kita.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, Yesus Kristus menjadi Pengantara kita dengan Bapa di sorga agar kita senantiasa dapat hidup dalam kuasa dan kemuliaan-Nya; lewat salib Kristus ada jembatan penghubung antara kita dengan Bapa sehingga kita dapat mengalami hal-hal yang luar biasa dalam hidup kita. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel