Menu Melayang

Kamis, 06 Juli 2023

Hukuman Tuhan

Hukuman Tuhan

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 3:7-19)

Kasih Allah bukan hanya dinyatakan dengan berkat melainkan juga dengan hukuman, karena kasih juga harus tegas. Ketika langkah kita salah, ketika jalan kita menuju bahaya, hukuman harus kita alami agar kita sadar. Ketika Allah menghukum kita, Allah tahu yang terbaik. Dunia cenderung menghukum tanpa arah, sehingga menimbulkan kebencian dan sakit hati, tapi ketika Allah menghukum, la tahu siapa kita, sehingga hukuman-Nya takkan melampaui kekuatan kita. Dan ketika Allah menghukum, hukuman-Nya justru berdampak positif karena la menghukum dengan tujuan yang jelas dan kasih-Nya tetap nyata dalam hidup kita, sehingga setelah menjalani hukuman, kita justru semakin sempurna di mata Allah.

Sedari mulanya Allah tidak pernah merancangkan hukuman bagi manusia; sedari mulanya Allah menciptakan dan merancangkan manusia untuk hidup berkemenangan, penuh sukacita, damai sejahtera dan hidup dalam kuasa. Jadi Allah tidak pernah merancangkan hukuman bagi manusia melainkan merancangkan berkat dan hal-hal yang luar biasa.

Lalu mengapa hukuman Allah masih terjadi?

  1. Karena kita mengeraskan hati (ayat 8, 15). Tuhan sudah memberitahu dan menasihati kita, tapi kita mengeraskan hati, tidak mau ditegor. Ketika Roh Kudus mulai menegor, kita harus sadar dan bangkit, meninggalkan hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan, sehingga kita tetap hidup dalam kebenaran.
  2. Karena hati kita jahat (ayat 12). Boleh saja kita melayani Tuhan tapi kalau hati kita tidak bersih maka hidup kita hanya akan menjadi batu sandungan, menjadi orang yang munafik. Hendaklah kita mempunyai hati yang bersih, yang hanya meninggikan nama Yesus saja.
  3. Karena kita tidak taat (ayat 18). Tuhan mencari orang yang taat kepada-Nya, karena ketika kita melakukan Firman dengan sungguh-sungguh maka Tuhan akan memberkati kita di mana pun kita berada.
  4. Karena kita tidak percaya (ayat 19). Orang yang tidak percaya akan mengalami hukuman. Ketika kita hidup percaya kepada Tuhan, kita takkan berbuat dosa dan senantiasa menyenangkan hati Tuhan.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, hukuman adalah sesuatu yang tidak dikehendaki oleh Allah, tapi akan Allah nyatakan demi kebaikan manusia sendiri. Marilah kita hidup benar dan berkenan kepada-Nya, dan sadar serta bangkit kembali ketika kita mengalami hukuman-Nya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel