Menu Melayang

Kamis, 20 Juli 2023

Jalan Yang Terbuka (1)

Jalan Yang Terbuka (1)

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 9:1-10)

Ketika sedang terjepit seringkali yang kita harapkan adalah jalan yang terbuka; sayangnya, seringkali jalan yang terbuka justru menyesatkan. Ketika sedang terjepit, begitu melihat sedikit saja jalan yang tebuka, kita langsung menganggapnya jalan Tuhan; tidak jarang kita bahkan menghalalkan segala cara. Padahal Alkitab dengan jelas mengajarkan, "Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun." Tapi ketika kita merasa semua jalan sudah tertutup, kita cenderung menghalalkan segala cara, mencari jalan di luar Firman, yang ujung-ujungnya berakhir dengan kekecewaan dan keputus-asaan.

Lewat salib Kristus, jalan terbuka apa saja yang tersedia bagi kita?

  1. Jalan untuk mendapatkan terang (kaki dian). Dunia ini penuh dengan kegelapan, tanpa pengharapan; tapi kita tidak perlu takut karena ada terang yang kita dapatkan dalam kepastian bahwa Yesus sudah mati bagi kita, sudah menyediakan keselamatan dan jalan yang terbuka bagi kita.
  2. Jalan untuk mendapatkan berkat (roti sajian). Yesus mengatakan, "Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." Artinya, ada kecukupan. Kita tidak perlu hidup dalam kekurangan, tidak perlu mengandalkan manusia, kita tinggal mengandalkan Tuhan saja, karena di dalam Tuhan ada jalan yang terbuka, Tuhan mencurahkan berkat sesuai dengan kebutuhan kita, tepat pada waktunya.
  3. Jalan untuk mendapatkan api Tuhan (mezbah pembakaran ukupan). Artinya ada semangat, ada sukacita dan ada sorak-sorai. Banyak orang hidupnya sudah tidak ada api lagi, tidak ada semangat lagi untuk menjalani kehidupan ini; banyak rumahtangga mulai dingin; banyak pelayan Tuhan mulai dingin; tapi kita tidak perlu khawatir karena di dalam Kristus ada jalan yang terbuka untuk mendapatkan api Tuhan, mendapatkan terang, mendapatkan berkat yang Tuhan sediakan.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, sekalipun kita berpikir sudah tidak ada jalan lagi yang terbuka, pintu-pintu sudah tertutup, sepertinya tidak ada jalan lagi bagi kita, ketahuilah bahwa selama kita tetap setia bertahan, Tuhan pasti membukakan jalan bagi setiap kita yang percaya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel