Menu Melayang

Minggu, 09 Juli 2023

Imam Besar

Imam Besar

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 4:14-16)

Menurut Alkitab ada tiga jabatan besar yang membutuhkan pengurapan, yaitu: Imam, Nabi dan Raja, dan Yesus Kristus memegang ketiga-tiganya: la adalah Raja damai karena pemerintahan-Nya membawakan damai sejahtera, la adalah nabi yang menyampaikan pesan-pesan Allah kepada orang percaya, la juga Imam Besar kita. Imam besar adalah jabatan tertinggi dalam sejarah bangsa Israel; di antara para pemimpin bangsa Israel pada waktu itu, imam besarlah yang harus memberikan petunjuk; misalnya, raja membutuhkan petunjuk Tuhan tentang peperangan, tentang keadaan perekonomian dan tentang keputusan-keputusan yang harus diambil. Hanya imam besar yang boleh masuk ke ruang maha kudus di bait Allah untuk membawa segala persoalan dan dosa umat bersamaan dengan darah anak domba korban, dan juga untuk menerima jawaban dan pertolongan dari Allah. Yesus Kristus adalah Imam Besar kita yang percaya; untuk segala keperluan dan kebutuhan hidup, kita dapat datang kepada-Nya untuk menerima pertolongan tepat pada waktunya.

Imam besar adalah tokoh sentral dalam hidup umat Allah; apa saja tugas seorang imam besar?

  1. Menanggung dosa umat. Yesus Kristus adalah Imam Besar Agung kita, karena itu hendaklah kita menjalani hidup sehari-hari dengan memandang ke depan, memegang kebenaran dan hidup dalam kebenaran, jangan menyakiti hati Tuhan dengan berbuat dosa lagi.
  2. Menguduskan umat. Setelah menanggung dosa umat, la memberitakan janji pengampunan dan pemulihan sehingga dengan itu la menguduskan umat.
  3. Meneruskan Firman Allah kepada umat. la menyampaikan firman yang la dengar dari Tuhan kepada umat. Yesus adalah Imam Besar Agung kita; la memberikan Roh Kudus-Nya untuk menjadikan kita mengerti seluruh kehendak Allah; la mau mengajar kita tetap hidup dalam kebenaran.
  4. Mengawasi umat dalam melaksanakan hukum-hukum Allah. Imam besar juga mengawasi agar setiap umat kembali hidup menurut hukum-hukum Allah.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, Yesus Kristus itulah Imam Besar kita; la yang menanggung dosa kita, la yang menguduskan hidup kita, la yang menyampaikan Firman Allah dan menyempurnakan hidup kita sesuai dengan hukum-hukum-Nya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel