Menu Melayang

Minggu, 16 Juli 2023

Berdasarkan Peraturan Manusia Atau Berdasarkan Hidup Yang Tidak Dapat Binasa (2)

Berdasarkan Peraturan Manusia Atau Berdasarkan Hidup Yang Tidak Dapat Binasa (2)

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 7:11-17)

Kalau kita pelajari di dalam Alkitab, ada dua hukum yang berlaku, yaitu hukum daging dan hukum Roh; ada peraturan manusia dan ada kehendak Allah yaitu hidup yang tidak dapat binasa. Selama kita hidup menurut daging, yang ada dalam pikiran kita hanyalah hal-hal yang dari daging; tapi ketika kita hidup menurut Roh, hal-hal yang dari Rohlah yang akan senantiasa kita terima.

Peraturan-peraturan manusia akan membawa kita kepada kebinasaan, tapi hukum dari hidup yang tidak dapat binasa akan membawa kita kepada kemuliaan. Segala sesuatu dalam hidup ini dapat diukur berdasarkan peraturan manusia, tapi ketika diukur berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa, hasilnya pasti berbeda. Yesus mengatakan, "Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh." Di mana letak perbedaannya?

  1. Peraturan manusia berat dan mendatangkan tekanan, sedangkan hidup yang tidak dapat binasa penuh dengan kuasa. Ketika kita hidup menurut peraturan manusia, kita akan cenderung berpikir negatif; ketika kita hidup menurut hidup yang tidak dapat binasa, kita akan melihat bahwa "Injil bukan disampaikan dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh," yang berarti, sesukar apa pun masalah kita, kita akan tetap sanggup menghadapinya. Yesus mengatakan, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku...Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." Artinya, dengan kuasa Tuhan kita akan sanggup menanggung segala perkara.
  2. Peraturan manusia hanyalah sementara sedangkan hidup yang tidak dapat binasa kekal. Seandainya pun kita merasa damai karena peraturan manusia, damai itu hanya sementara; ketika kita hidup menurut kebenaran Firman, menurut kepastian kasih Allah dalam hidup kita, kita akan melihat damai, kekuatan dan kemenangan yang kekal, karena Kristus akan menuntun kita di jalan menuju kemenangan dalam kasih karunia dan kuasa-Nya yang luar biasa.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, hendaknya kita hidup menurut apa yang sudah Tuhan tetapkan bagi hidup kita, maka niscaya kita akan melihat hal-hal luar biasa yang Tuhan sediakan bagi setiap kita yang percaya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel