Menu Melayang

Senin, 19 Juni 2023

Tuhan akan Mendampingi dan Menguatkan

Tuhan akan Mendampingi dan Menguatkan

(Pembacaan Alkitab: 2 Timotius 4:14-22)

Tuhan mengasihi kita dan memberikan kehendak bebas, tapi la juga memberikan tanggung jawab, agar kita menjadi tangguh, teguh dan kuat dalam hidup ini. Ia tidak mau kita menjadi anak-anak yang manja dengan mengerjakan segala-galanya bagi kita; seandainya la mengerjakan segala-galanya bagi kita, la bukanlah Tuhan yang mengasihi melainkan justru menjerumuskan kita, karena kita takkan pernah menjadi dewasa, kuat dan tangguh dalam menjalani hidup ini. Ketika kita tidak berhasil mencapai sesuatu yang kita inginkan, itu bukanlah karena Tuhan tidak mengasihi kita, melainkan seringkali karena kita sendiri yang terlalu malas dan manja; hal-hal yang mampu kita kerjakan, haruslah kita kerjakan sendiri; hal-hal yang tidak mampu kita kerjakan, baru Tuhan yang akan mengerjakannya bagi kita. Yesus memanggil kita dan berkata, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepada-Mu ...Aku akan mengerjakannya bagimu."

Dari bacaan Kitab Suci hari ini kita melihat untuk apa Tuhan mendampingi dan menguatkan kita:

  1. Agar kita siap menghadapi niat jahat manusia (ayat 14-15). Janganlah heran ketika banyak orang merancangkan yang jahat kepada kita; yang penting kita tetap waspada, peka mendengar suara Tuhan, dan menyadari bahwa kita didampingi dan dikuatkan oleh-Nya.
  2. Agar kita kuat ketika dikhianati (ayat 16). Dunia ini penuh dengan pengkhianat, namun sebagai orang percaya, janganlah kita membalas yang jahat dengan yang jahat; sekalipun kita dikhianati kita harus tetap memberkati dan mendoakan orang yang mengkhianati kita.
  3. Agar kita tetap menjadi saksi Injil dalam segala keadaan (ayat 17), bukan hanya ketika kita sukses melainkan dalam segala keadaan, sehingga hidup kita menjadi kesaksian hidup bagi banyak orang.
  4. Agar kita mendapatkan keselamatan yang kekal (ayat 18). Alkitab mengatakan, "Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." Iblis ingin kita kecewa dengan pelayanan, menjauh dari Tuhan; tapi sebagai orang percaya kita harus tetap bangkit dan mendekat kepada Tuhan, karena Dialah yang akan mendampingi dan menguatkan kita dalam segala perkara, dan mengerjakan mujizat bagi kita tepat pada waktunya.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, apa pun yang sedang terjadi dalam hidup kita, Tuhan tetap mendampingi dan menguatkan kita; la tahu ketika kita tidak sanggup dan tidak kuat lagi, sebab Dialah Allah yang memperhatikan kita dan bertindak bagi kita ketika kita tidak sanggup lagi. Amin!


Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel