Menu Melayang

Jumat, 09 Juni 2023

Harta Yang Indah

 Harta Yang Indah

(Pembacaan Alkitab: 2 Timotius 1:3-18)

Masing-masing orang punya pandangan sendiri tentang apa itu harta yang indah menurutnya; bagi sebagian orang, villa di pegunungan; bagi yang lain, kapal pesiar; ada juga yang memandang uang yang mampu membeli apa saja. Di lain pihak, ada juga yang berpikir, untuk apa punya rumah mewah, uang banyak, tapi hidup tidak bahagia?

Nah, semua orang pasti sependapat bahwa kita butuh damai dan ketenangan dalam hidup kita, butuh kesehatan dan butuh suasana hati yang selalu sukacita; itulah sebetulnya harta terindah yang kita miliki. Mobil mewah, rumah mewah, dan segala fasilitas yang kita miliki hanyalah alat yang memfasilitasikan pemahaman kita tentang harta indah yang sejati, yang hanya disediakan oleh Kristus lewat kasih karunia-Nya.

Dari bacaan Kitab Suci hari ini, yang termasuk harta yang indah adalah:

  1. Iman yang tulus iklhas (ayat 5). Untuk apa memiliki segalanya tapi tidak punya iman yang tulus iklhas? Tanpa iman yang tulus ikhlas, apa yang dapat digoncangkan akan digoncangkan; harta dan apa pun yang kita miliki akan digoncangkan. Untuk itu hendaklah kita memilki iman yang tulus iklas, benarbenar mengandalkan Tuhan dan menyerahkan hidup kita kepada Tuhan, sehingga kita semakin mengalami kuasa-Nya dan hidup menurut rencana-Nya.
  2. Karunia Allah (ayat 6), yaitu sesuatu yang Allah percayakan kepada kita untuk terlibat dalam kegiatan rohani, melayani Tuhan, dan menjadi berkat bagi sesama.
  3. Roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban (ayat 7). Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, karena roh ketakutan akan menjadikan manusia senantiasa sengsara dalam hidupnya; Allah memberikan harta yang indah yaitu roh yang membangkitkan kekuatan untuk menghadapi masalah, kasih untuk sabar menanggung segala sesuatu, dan ketertiban untuk senantiasa hidup dalam kehendak dan rencana-Nya.
  4. Panggilan kudus (ayat 9). Siapa sih kita, sampai Tuhan panggil untuk melayani? Tuhan sanggup memanggil siapa saja yang jauh lebih baik daripada kita, tapi Tuhan memanggil kita untuk menjadi kawan sekerja-Nya dan mempercayakan pelayanan kepada kita.
  5. Kuasa Injil (ayat 10) yang mematahkan maut, mematahkan belenggu iblis dan memberikan jaminan hidup kekal bagi kita.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, kita harus percaya bahwa di dalam Kristus kita menerima harta yang indah yaitu kepastian akan keselamatan, hidup kekal di sorga kelak, dan sukacita dan damai sejahtera serta kekuatan untuk menghadapi segala perkara selama kita masih hidup di bumi; marilah kita pelihara harta yang indah ini, yang tak dapat direnggut oleh apa pun atau siapa pun. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel