Menu Melayang

Rabu, 21 Juni 2023

Omongan Sia-sia Atau Fitnah

Omongan Sia-sia Atau Fitnah

(Pembacaan Alkitab: Titus 1:5-16)

Dari mulut manusia ada dua hal yang paling berbahaya: gosip dan fitnah, yang seringkali seiring; perkataan penggosip biasanya berisi fitnah, dan biasanya fitnah disebarkan lewat gosip. Alkitab mengatakan, "Hidup dan mati dikuasai lidah," berarti entah kita banyak kawan atau banyak lawan sangat ditentukan oleh lidah kita. Hari-hari ini banyak orang demikian kecewa sampai mundur dari pelayanan karena gosip atau fitnah; banyak rumahtangga hancur, hubungan antara orangtua dengan anaknya hancur, karena gosip atau fitnah.

Dalam bacaan Kitab Suci hari ini kita belajar bagaimana hendaknya kita menyikapi omongan yang sia-sia atau fitnah:

  1. Dengan memiliki kwalitas hidup yang berkenan kepada Allah (ayat 7-9). Orang boleh mengatakan apa pun tentang kita tapi selama kwalitas hidup kita benar maka itu akan menjadi kekuatan kita dalam menghadapi apa pun.
  2. Dengan tidak menggubris omongan yang sia-sia (ayat 10-11). Penggosip atau pemfitnah paling senang ketika ditanggapi, karena dengan demikian mereka mendapatkan bahan baru untuk melanjutkan gosip atau fitnah mereka. Selama kita hidup benar, kita tidak perlu menggubrisnya.
  3. Dengan bersikap tegas (ayat 12-13) namun bukan kasar atau keras. Ketika berhadapan dengan penggosip atau pemfitnah, hendaklah kita tanyakan baikbaik, kita tegor dengan Firman, dan bukan kita marahi atau kita caci-maki.
  4. Dengan teguh memegang kebenaran (ayat 14) maka Roh Kudus akan menolong kita.
  5. Dengan hidup suci (ayat 15) sehingga mulut kita pun suci, tidak reaktif terhadap penggosip atau pemfitnah, melainkan tetap memberkati dan membiarkan Roh Kudus yang bekerja.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, janganlah kita menjadi penggosip atau pemfitnah, dan ketika kita mendengar gosip atau fitnah, hendaknya kita selidiki dulu sambil meminta petunjuk Tuhan, sehingga pikiran kita tidak mudah disesatkan, melainkan tetap tertuju kepada Tuhan, sumber kemuliaan hidup yang kekal. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel