Menu Melayang

Jumat, 02 Juni 2023

Janda

Janda 

(Pembacaan Alkitab: 1 Timotius 5:3-16)

Ada suatu status dalam hidup ini yang serba salah, yaitu janda; lain halnya dengan duda, yang tidak begitu banyak dipergunjingkan. Bacaan Kitab Suci hari ini mengatakan, "Hormatilah janda-janda yang benar-benar janda." bukan Berarti ada yang benar-benar janda dan ada pula yang sebenarnya A janda.

Lalu siapa yang benar-benar janda?

  1. Seorang wanita yang ditinggal mati oleh suaminya dan tidak menikah lagi dan hidupnya terhormat. Jadi bukan sekadar karena hidup sendiri lalu disebut janda; bisa saja seorang wanita hidup sendiri karena keras kepala dan lari dari suaminya.
  2. Seorang wanita yang memiliki kwalitas rohani yang berbeda. Status boleh janda tapi bukan langsung berarti pantas direndahkan; ketika seorang janda membuktikan dirinya bertanggung jawab terhadap anak-anaknya, giat bekerja keras, berjuang, dan hidup benar, ia justru pantas dikagumi karena hidup takut akan Tuhan, hidup senantiasa menyenangkan hati Tuhan. Janda yang seperti itulah yang Tuhan cari namun sayangnya semakin langka di akhir zaman ini. Dunia sekarang ini penuh dengan janda yang ingin cepat kawin lagi.
  3. Seorang wanita yang mengisi waktunya dengan hal-hal yang positif. Alkitab mengatakan, "Janganlah ia meleter...keluar masuk rumah orang...bermalasmalasan ...mencampuri soal orang lain,” melainkan hendaknya ia mengisi waktunya dengan hal-hal yang positif, mendidik keluarganya, membangun masa depannya, menyediakan waktu untuk Tuhan, berdoa dan melibatkan diri dalam pelayanan yang baik demi kemuliaan Tuhan. Maka Roh Kudus akan memberinya kekuatan senantiasa.

Saudari yang dikasihi Tuhan, terkadang hidup menjanda bukanlah pilihan, melainkan realita hidup yang harus dijalani; tapi ingat, Yesus juga mengasihi janda-janda yang takut akan Tuhan. Karena itu kalau sekarang ini Saudari hidup menjanda, bersandarlah kepada Tuhan. Apa pun yang Saudari alami saat ini, seberat apa pun masalah yang Saudari hadapi, selama Saudari bersandar dan berharap penuh kepada Tuhan, Saudari akan dipimpin-Nya sehingga langkah hidup Saudari akan penuh dengan kemenangan yang luar biasa. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel