Menu Melayang

Jumat, 30 Juni 2023

Allah Berbicara

Allah Berbicara

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 1:1-4)

Salah satu hal yang paling membingungkan dalam gereja adalah ketika seseorang berkata "Tuhan berbicara kepada saya..." dan tidak lama kemudian ada lagi yang berkata, "Tuhan berbicara kepada saya...," tapi keduanya bertentangan, sampai akhirnya terjadi perdebatan dan perpecahan. Saya percaya bahwa nubuat itu ada dan seringkali benar, tapi terkadang nubuat itu perlu dikonfirmasi atau diteguhkan oleh Firman Allah. Alkitab mengatakan, "Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik," sebab seringkali banyak orang bukan bernubuat melainkan dibuat-buat. Jadi kita harus bisa membedakan mana suara hati manusia itu sendiri mana suara Tuhan. Itu sebabnya, penting kita miliki karunia untuk membedakan bermacam-macam roh, sehingga kita tidak tertipu, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang. Tapi ketika Tuhan yang berbicara, kita tidak perlu khawatir, karena Tuhan senantiasa menuntun kepada kemenangan.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, Allah tetap berbicara untuk menuntun kita kepada kebenaran; dahulu Allah berbicara melalui nabi-nabi-Nya, sekarang la berbicara melalui anak-Nya, dan Alkitab juga menjelaskan bahwa Allah tidak berubah, tetap menuntun dan menyatakan kasih-Nya.

Pertanyaannya, dengan cara apa saja Allah berbicara?

  1. Lewat FirmanNya. Lewat Alkitab yang kita baca dan pelajari, serta lewat Firman yang kita dengar, sebagai tuntunan-Nya untuk menempuh jalan hidup benar.
  2. Lewat kegagalan-kegagalan kita. Allah mau kita tidak mengandalkan kekuatan kita sendiri, mau kita tidak sombong dan jauh dari-Nya, dan mau kita mengubah sifat dan karakter kita, karena sifat dan karakter itulah yang seringkali menjadi penyebab kegagalan kita.
  3. Lewat keadaan di sekitar kita. Alkitab mengatakan bahwa semua keadaan, entah suka atau duka dalam hidup ini, akan memperkuat iman kita dan senantiasa menuntun kita di dalam kasih Allah.
  4. Lewat akal sehat kita. Allah juga berbicara lewat akal sehat kita, karena Allah mau supaya kita tetap naik dan bukan turun, dan Allah mau kita selalu diberkati dan bukan mengalami kutuk.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, Allah akan terus berbicara kepada kita untuk menuntun kita ke dalam rencana-Nya yang luar biasa bagi hidup kita, sehingga langkah hidup kita senantiasa berkemenangan demi kemuliaan-Nya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel