Menu Melayang

Selasa, 06 Juni 2023

Pertandingan Iman

Pertandingan Iman

(Pembacaan Alkitab: 1 Timotius 6:12-16)

Tahukah Saudara bahwa setiap kita yang percaya terlibat dalam pertandingan iman? Berbicara tentang pertandingan, kita membayangkan keringat bercucuran, tubuh yang lelah; tapi puji Tuhan, pertandingan iman adalah pertandingan dalam kepastian karena Yesus sudah membayar harganya, dan la berjanji bahwa pertandingan kita takkan melampaui kekuatan kita, dan bahwa la akan menganugerahkan kemenangan. Paulus mengatakan, di dalam Kristus "kita lebih daripada orang-orang yang menang." Artinya Kristus selalu menuntun kita di jalan kemenangan-Nya.

Dari bacaan Kitab Suci hari ini ada beberapa pelajaran menarik tentang pertandingan iman:

  1. Kita bertanding untuk merebut kepastian bahwa Yesuslah satu-satunya Juruselamat. Iblis selalu ingin memperdayai kita dengan pemikiran bahwa perbuatan baiklah yang akan menyelamatkan kita; jadi kita harus punya kepastian bahwa Yesuslah satu-satunya Juruselamat sehingga kita takkan goyah dalam pertandingan iman sebab kita tahu bahwa Yesus tidak pernah mengecewakan kita, tidak pernah meninggalkan kita, dan apa pun yang terjadi, la tetap satusatunya Juruselamat dalam hidup kita.
  2. Kita bertanding untuk merebut kepastian akan kemenangan, karena kemenangan kita sudah diraih oleh Yesus. Di kayu salib Yesus berkata, "Sudah selesai"; segalanya sudah Yesus selesaikan di kayu salib, tapi ingat, Yesus tidak pernah mendidik kita untuk menjadi anak manja; la izinkan kita bertanding, la izinkan kita mengalami masa-masa yang sukar untuk mendewasakan iman kita, hingga kita keluar bagaikan emas murni.
  3. Kita bertanding untuk merebut janji-janji Tuhan. Tuhan sudah berjanji bahwa "la akan mengangkat kita menjadi kepala dan bukan menjadi ekor," tapi ingat, kita tetap harus bertanding untuk merebut janji Tuhan tersebut. Persoalannya, banyak anak Tuhan yang hidupnya terlalu santai, terlalu manja. Tuhan tidak memberkati orang yang malas, orang yang cengeng, yang hanya mengeluh; Tuhan mencari orang yang tegar, dengan semangat menyala-nyala, serta punya hati yang melekat kepada Kristus.
Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, mungkin saat ini Saudara sedang mengalami masalah dan pergumulan dalam hidup Saudara; janganlah Saudara kecewa dan putus asa, janganlah Saudara takut; sudah saatnya Saudara berkata, "Tuhan, aku siap menjalani pertandingan iman di depanku." Siapa pun Saudara yang membaca renungan ini, Saudara juga menghadapi pertandingan iman; Saudara harus kuat, berserah penuh kepada Tuhan; ingat, orang yang bersandar kepada Tuhan akan dituntun-Nya hingga kita akan bersorak-sorai dalam hidup yang berkemenangan di dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Amin!


Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel