Menu Melayang

Rabu, 12 Juli 2023

Murtad

Murtad

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 6:1-8)

Murtad adalah kata yang sangat menakutkan dan tidak pantas diucapkan oleh manusia, karena yang dapat menyatakan seseorang murtad hanyalah Allah sendiri, dan yang dapat menyatakan seseorang layak juga hanya Allah sendiri; kita tidak pantas menghakimi siapa pun. Orang yang disebut murtad adalah orang yang sudah mengenal dan hidup dalam kebenaran tapi kemudian jatuh lagi karena tekanan hidup atau bujuk rayu dunia.

Tidak seorang pun ingin murtad dalam hidupnya tapi seringkali arus dunia memperdayai dan menyeret kita hingga murtad. Murtad bukanlah keadaan melainkan tingkatan keadaan; murtad dimulai ketika kita mendengar suara Roh Kudus namun tidak menggubrisnya dan malah mengeraskan hati hingga akhirnya kita jatuh dan mendukakan Roh Kudus. Tapi puji Tuhan, sekalipun kita sempat jatuh, asalkan kita masih mau mendengar suara Roh Kudus, mau bangkit dan membereskan semuanya dengan Tuhan, bagi kita akan selalu ada pengampunan.

Demikianlah orang murtad adalah:

  1. Orang yang sudah mengenal kebenaran namun kemudian lari dari kebenaran. Tidak ada manusia yang kebal terhadap dosa; ketika kita mulai tidak peduli terhadap Firman, kita sudah berada diambang kejatuhan. Siapa pun kita, mari kita jaga hidup dan iman serta hubungan kita dengan Tuhan, agar berkat Tuhan senantiasa tercurah bagi kita.
  2. Orang yang tidak akan mengalami pengampunan. Hidup Kristiani tidak bisa setengah-setengah; sekali kita mengambil keputusan untuk melayani Tuhan, selamanya kita hidup bersama Tuhan. Ketika kita murtad, tidak ada lagi pengampunan bagi kita.
  3. Orang yang mengeraskan hati terhadap tegoran-tegoran Tuhan. Seringkali orang yang sudah mengenal kebenaran masih bisa murtad karena selalu mengeraskan hati, tidak mau dinasihati atau ditegor oleh Tuhan lewat keadaan atau Firman yang didengar.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, apa pun yang terjadi, hendaklah kita tetap teguh berpegang pada prinsip iman kita bahwa la adalah Allah yang setia. Janganlah menjadi umat Kristiani hanya di luarnya saja; umat Kristiani yang seperti itulah yang bisa murtad. Orang yang melekat kepada dan berakar dalam Kristus itulah yang akan melihat kemuliaan Tuhan dalam hidupnya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel