Menu Melayang

Selasa, 04 Juli 2023

Makna Penderitaan

Makna Penderitaan

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 2:10-18)

Penderitaan adalah sesuatu yang paling tidak diminati oleh siapa pun; tidak seorangpun ingin menderita dalam hidupnya. Tapi tahukah Saudara, bahwa penderitaan bukanlah keadaan melainkan keputusan? Ada orang yang melalui penderitaan tapi tidak merasa menderita; mereka memandangnya sebagai proses untuk menjadi lebih dewasa dan berhikmat, karena penderitaan menuntun mereka kepada kemuliaan yang akan datang. Tapi sebaliknya banyak orang yang di tengah penderitaan hidupnya menjadi kacau, rumahtangganya hancur, bahkan tidak sedikit yang lari ke dukun dan meninggalkan Tuhan. Sebagai orang percaya, meskipun kita tetap harus melalui penderitiaan, selama kita mengandalkan Tuhan dan belajar di tengah penderitaan, maka penderitaan justru akan menjadi sesuatu yang luar biasa untuk menjadikan kita orang percaya yang hidup dalam kemuliaan Tuhan.

Banyak orang dalam imannya berharap tidak akan melalui penderitaan, padahal penderitaan itu baik bagi kita, bahkan menuntun kita kepada kemuliaan yang luar biasa karena kasih setia dan kasih karunia Allah yang luar biasa. Untuk itu kita harus mengerti makna penderitaan:

  1. Untuk memimpin kita kepada keselamatan dan kesempurnaan (ayat 10). Dengan adanya penderitaan kita menyadari pentingnya keselamatan dan bukan hanya berkat; berkat bisa berubah tapi keselamatan adalah kepastian.
  2. Untuk menguduskan kita (ayat 11). Lewat penderitaan kita belajar takut berbuat dosa, dan kekudusan akan membentengi kita di dalam rencana dan rancangan Tuhan yang luar biasa.
  3. Untuk membebaskan kita dari perhambaan (ayat 14-15). Orang yang mengalami penderitaan akan sadar, jangan sampai ia diperhamba lagi oleh kenikmatan duniawi yang hanya menjerat dan menghancurkan hidup manusia.
  4. Penderitaan Orang yang melalui penderitaan pasti akan belajar memahami dan mengerti orang lain; orang yang menghindarkan penderitaan akan menjadi orang yang egois, kepala batu dan mau menang sendiri.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, janganlah menangis di tengah penderitaan; walaupun berat dan sukar kita harus tegarkan jiwa dan tetap percaya bahwa Tuhan yang memegang tangan kita sehingga sekalipun kita melalui penderitaan kita tetap akan mengalami kasih setia Tuhan. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel