Menu Melayang

Senin, 03 Juli 2023

Menaklukkan

Menaklukkan

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 2:5-9)

Dalam hidup ini hanya ada dua pilihan: ditaklukkan oleh masalah atau menaklukkan masalah, dan kuncinya bukan lagi pada Tuhan sebab di kayu salib Tuhan sudah mengatakan, "Sudah selesai," semua harga dosa, penderitaan dan kesengsaraan sudah ditanggung dan diselesaikan oleh Tuhan Yesus. Jadi sekarang persoalannya adalah apakah kita mau menerima Dia, sebagaimana yang dikatakan dalam Alkitab, "Semua orang yang menerimaNya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah...Sebab Injil...bukan disampaikan...dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus." Begitu kita menerima Yesus sebagai Juruselamat, Tuhan, dan Raja hidup kita, kita diberi-Nya kuasa untuk hidup dalam kemenangan serta melihat mujizat; sudah saatnya kita menyadari bahwa kita yang percaya sudah diberi-Nya kuasa untuk menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki Kristus.

Dari bacaan Kitab Suci hari ini kita belajar bahwa sedari mulanya Allah sudah merancangkan manusia untuk menaklukan segala sesuatu, tapi seringkali bukan kita yang menaklukkan segala sesuatu malah kita yang ditaklukkan oleh segala sesuatu karena kita tidak menyadari rancangan Allah, tidak mengerti hak kita sebagai orang percaya.

Apa buktinya bahwa sedari mulanya Allah sudah merancangkan manusia untuk menaklukkan segala sesuatu?

  1. Allah selalu mengingat dan mengindahkan manusia (ayat 6). Karena Allah mengingat kita, la pasti memberkati hidup kita dan segala perkara dalam hidup kita dijadikan-Nya indah pada waktunya, artinya, la bela kita, la takkan membiarkan kita tersesat dan jatuh tergeletak, bahkan "la turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia."
  2. Allah telah memahkotai kita dengan kemuliaan dan hormat (ayat 7). Artinya, bersama Kristus kita memerintah dan menang. Mahkota kita adalah kemuliaan dan hormat, bukan sekadar berkat; kemuliaan dan hormat akan membawa kita kepada damai sejahtera dalam hadirat Tuhan, sedangkan berkat hanya akan membawa kita kepada kesenangan dan kenikmatan.
  3. Segala sesuatu yang harus dibayar manusia karena dosanya telah Allah tanggungkan pada Yesus Kristus di kayu salib (ayat 9), "sehingga setiap orang yang percaya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, hidup Kristiani bukanlah hidup yang ditaklukkan oleh masalah, oleh segala kesenangan duniawi, oleh kuasa kegelapan; hidup Kristiani adalah hidup yang senantiasa tunduk kepada Allah dan menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki Kristus demi kemuliaan-Nya. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel