Menu Melayang

Minggu, 02 Juli 2023

Hanyut

Hanyut

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 2:1-4)

Yang membedakan ikan hidup dengan ikan mati adalah, ikan hidup akan berenang, entah ikut arus atau melawan arus; hanya ikan mati yang hanyut dibawa arus. Iman Kristiani pun demikian; Alkitab mengatakan, kita yang percaya masih hidup di dunia, tapi janganlah kita hanyut dibawa arus dunia ini; orang yang hanyut dibawa arus dunia ini akan berakhir dalam kebinasaan, sedangkan orang yang hidup dalam kebenaran dan melakukan kehendak Allah akan tetap hidup selama-lamanya.

Seringkali kita mengaku mengasihi Tuhan tapi tetap hanyut dibawa kenikmatan duniawi sehingga semakin jauh dari prinsip mengasihi Tuhan. Apa yang menyebabkan seseorang hanyut?

  1. Tidak teliti memperhatikan apa yang didengarnya (ayat 1). Firman Allah sudah menyingkapkan segala sesuatu untuk mengingatkan dan memperingatkan kita; apa yang kita baca dan kita dengar hendaknya kita simpan dalam hati dan kita lakukan.
  2. Tidak menyadari balasan yang setimpal dari Allah atas setiap ketidaktaatan (ayat 2). Alkitab mengatakan, "Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan." la memang Allah yang baik; ketika kita bertobat dan berbalik, la terima kita apa adanya lalu memulai proses pengudusan dan bukan membiarkan kita tetap hidup dalam dosa.
  3. Menyia-nyiakan keselamatan yang sudah Tuhan tawarkan (ayat 3). Seringkali kita mencari kenikmatan sesaat yang ujung-ujungnya hanya berakhir dengan kehancuran dan kebinasaan; janganlah menyia-nyiakan kesempatan untuk diselamatkan dengan berbalik dan bertobat.
  4. Tidak memohon penyataan dan karunia Roh Kudus yang adalah Penolong, Penghibur, dan Guru yang akan mengajar serta memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, hidup Kristiani adalah hidup yang teguh berdiri seperti batu karang di tengah gelombang arus kehidupan, sebab kita tahu yang menyertai kita adalah Tuhan yang tidak pernah mengecewakan kita. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel