Menu Melayang

Sabtu, 22 Juli 2023

Beribadah

Beribadah 

(Pembacaan Alkitab: Ibrani 9:11-14)

Bagi masing-masing orang ibadah mempunyai makna yang berbeda-beda; banyak yang berpikir bahwa ibadah itu sesuatu yang sifatnya ritual: kita masuk gereja, kita ikuti semua kegiatan ibadahnya mulai dari memuji dan menyembah Tuhan, mendengarkan Firman dan lain sebagainya, hingga selesai. Tapi ada yang mengatakan bahwa orang yang berlaku seperti itu adalah orang-orang munafik, yang hanya rajin ke gereja tapi tidak melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Ada juga yang mengatakan bahwa ibadah itu yang penting berbuat baik dan menolong orang. Nah, dalam hal ini harus kita sadari bahwa ibadah itu sebenarnya harus seimbang antara kegiatan ritualnya dengan praktik dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebagai orang percaya, ibadah bukanlah sekadar menjalankan ritual keagamaan melainkan bagaimana kita semakin dekat dengan Tuhan. Ibadah yang bagaimana yang Tuhan kehendaki?

  1. Ibadah karena kesadaran akan kasih karunia Allah. Allah menghendaki kita beribadah karena menyadari kasih karunia-Nya, bahwa Yesus sudah mencurahkan darah-Nya sampai mati karena kita. Meskipun menghadapi tantangan dan masalah hidup, kasih karunia yang Allah berikan sudah luar biasa dalam hidup kita.
  2. Ibadah karena pengertian. Kita beribadah karena mengerti bahwa Tuhan sudah demikian baik terhadap kita dan bahwa kita membutuhkan Dia dan bahwa dengan beribadah hidup kita diubah; semakin kita mengerti Firman, semakin kita mengerti apa yang Tuhan mau kita kerjakan dalam hidup kita.
  3. Ibadah karena kasih. Kita beribadah bukan karena musik di gereja sedap didengar atau karena khotbah pendetanya lucu dan lain sebagainya, melainkan karena kita mengasihi Tuhan. Orang yang beribadah karena mengasihi Tuhan tidak akan hitung-hitungan dan takkan mudah bersungut-sungut.
  4. Ibadah karena maknanya. Kita tahu bahwa ketika kita jauh dari Tuhan hidup kita akan semakin hancur, karena itu kita mau beribadah, karena kita mengerti makna ibadah itu sendiri.

Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, setiap kita yang percaya harus beribadah; ritual agama harus kita jalankan, Firman yang kita dengar harus kita praktikkan, sehingga hidup kita semakin hari semakin disempurnakan oleh Tuhan. Amin!

Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel