Menu Melayang

Jumat, 12 Mei 2023

Pilar Kesuksesan

 Pilar Kesuksesan

(Pembacaan Alkitab: 1 Tesalonika 5:16-22)


Setiap orang merindukan sukses; Tuhan pun mau anak-anak-Nya sukses.
Kalau sukses itu seumpama bangunan, seringkali fondasinya sudah ada dan kuat, tapi pilar-pilarnya tidak dibangun; kita ingin sukses tapi karakter kita tidak baik, sifat kita jelek sekali, dan kita tidak punya nyali untuk menghadapi masalah. Bagaimana mungkin kita sukses kalau pilarnya tidak kita bangun dengan baik?


Saudara-Saudari yang dikasihi Tuhan, dari bacaan Kitab Suci hari ini, kita diingatkan akan tujuh pilar kesuksesan:

  1. Sukacita (ayat 16). Orang yang senantiasa bersukacita akan mudah melihat jalan ke luar, mudah diterima dan disukai di mana pun ia berada. Sebaliknya orang yang hidupnya penuh amarah dan emosi akan jauh dari sukses.
  2. Tetap berdoa atau selalu melibatkan Tuhan (ayat 17). Artinya, dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, kita selalu melibatkan Tuhan; mendidik anak, melibatkan Tuhan, beraktifitas, melibatkan Tuhan. Orang yang selalu melibatkan Tuhan dalam kesehariannya akan kuat, menang dan sukses.
  3. Selalu mengucap syukur (ayat 18). Orang yang cenderung bersungut-sungut itu pada dasarnya penuntut; banyak suami penuntut, banyak istri cenderung bersungut-sungut tentang suaminya, sehingga yang terjadi adalah tawar hati.
  4. Membiarkan Roh Kudus bernyala-nyala dalam hati kita (ayat 19). Artinya selalu bersemangat, tidak mudah menyerah. Orang yang seperti itulah yang meraih sukses.
  5. Tidak menganggap rendah nubuat (ayat 20). Nubuat bukanlah ramalan melainkan pesan Tuhan untuk memberitahukan, mengingatkan, menguatkan.
  6. Menguji segala sesuatu (ayat 21). Alkitab mengatakan "Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik." Kita boleh saja mengaku mengasihi Tuhan tapi ketika kita tidak memiliki kepekaan roh untuk menguji segala sesuatu, kita akan mudah diperdayai, mudah diombang-ambingkan.
  7. Menjauhkan diri dari segala jenis kejahatan (ayat 22). Orang yang melakukan kejahatan mungkin tampak sukses untuk sementara waktu, tapi ujung-ujungnya penuh dengan air mata dan kekecewaan; orang yang menjauhkan diri dari segala jenis kejahatan dan hidup benar mungkin tampak berat pada awalnya, tapi ujung-ujungnya bersorak-sorai.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, apa pun yang Saudara alami saat ini, pergumulam apa pun yang sedang Saudara hadapi, ingat, hayati, dan praktikkanlah ketujuh pilar sukses ini, maka Saudara akan melihat mujizat demi mujizat dinyatakan, dan langkah hidup Saudara akan penuh dengan kemenangan. Amin!


Blog Post

Related Post

Back to Top

Visitor

Cari Artikel